2018-12-04

PKK Butur Studi Banding Teknologi Pertanian BPTP Sulawesi Tenggara

BPTP SULAWESI TENGGARA
...

KENDARI, kabarbuton.com - Balai Pengkajian Tekonologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara (Sultra) Senin 3 Desember 2018 menerima kunjungan studi banding dari Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Buton Utara (Butur) yang didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Butur. Rombongan Tim PKK Butur itu langsung diterima Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha BPTP Sultra Dahya SP, MSi dan Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Dr Abdul Wahab SP, MP di Ruangan Kepala BPTP Sultra.

 

Kasubag Tata Usaha BPTP Sultra Dahya SP, MSi meyampaikan BPTP Sultra merupakan Badan Litbang Kementerian Pertanian di daerah yang mempunyai tugas untuk melakukan penelitian dan pengkajian di bidang pertanian. Dalam hal itu, lanjut Dahya, ada beberapa hasil inovasi yang telah dihasilkan oleh BPTP Sultra yang telah diterapkan dibeberapa kabupaten/kota yang ada di Sultra.

 

"Ada kawasan Rumah Pangan Lestari yang dapat dikunjungi, yaitu pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga antara lain dengan metode vertikultur dengan sistem hidroponik," bebernya.

 

Masih di tempat yang sama, Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, Dr Abdul Wahab menambahkan tidak hanya Kawasan Rumah Pangan Lestari yang dapat dikunjungi namun ada saranan edukasi lainnya yang dapat dikunjungi yakni Kebun Benih Inti, Kebun Koleksi Sumber Daya Genetik, Taman Agroinovasi serta Tanaman Hidroponik.

 

"Semua itu bisa dikunjuni untuk bisa dijadikan inovasi," katanya.

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Sahrun Akri SP, MSi menambahkan, kegiatan studi banding itu merupakan salah satu program untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga yang diperoleh dari pemanfaatan lahan pekarangan.

 

Ketua Tim PKK Kabupaten Butur Dra Hj Sitti Rabiah Abu Hasan juga menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus di bidang pertanian dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan. Ia berharap, setelah mengikuti kegiatan itu, masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangannya dengan baik untuk ditanami berbagai macam tanaman khususnya tanaman sayuran.

 

"Sehingga kebutuhan pangan dalam rumah tangga dapat terpenuhi dengan baik," ungkapnya.

Sub Sektor : Sayur-sayuran
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan : RUMAH PANGAN LESTARI DENGAN METODE VERTIKULTUR DENGAN SISTEM HIDROPONIK
http://kabarbuton.com/berita/pkk-butur-studi-banding-teknologi-pertanian-di-bptp-sultra