2019-09-24

Balitbangtan BPTP Sultra Jalin Kerja Sama Dengan BMKG

BPTP SULAWESI TENGGARA
...

Kendari-Balitbangtan BPTP Sulawesi Tenggara melakukan penandatanganan kerjasama dengan Stasiun Klimatologi Kelas IV Ranomeeto BMKG.

Penandatanganan kerjasama dilaksanakan di Hotel Horison antara Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili Koordinator Program dan Evaluasi dengan Kepala Stasiun Klimatologi Kelas IV Ranomeeto BMKG yang dihadiri oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah IV Makassar Darmawan, S.Si, M.Si, Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, Dandim Kendari dan Peserta Sekolah Lapang Iklim. Minggu (22/09/2019)

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili oleh Kepala Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa perjanjian kerjasama yang dilakukan antara BPTP dengan Stasiun Klimatologi Kelas IV Ranomeeto BMKG merupakan lanjutan perjanjian yang telah dilakukan oleh BMKG Pusat dengan Kementerian Pertanian.

“Dengan kerjasama yang dibangun hari ini dapat memberikan manfaat dalam pemanfaatan informasi iklim untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian di Wilayah Sulawesi Tenggara,” kata Muhammad Alwi.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah IV Makassar Darmawan, S.Si, M.Si, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Stasiun Klimatologi Kelas IV Ranomeeto BMKG dan Balitbangtan BPTP Sultra dalam menjalin kerjasama tentang pemanfaatan informasi iklim untuk digunakan pada kebutuhan penelitian, pengkajian dan diseminasi.

“Harapannya kerjasama yang dilakukan saat ini dapat ditingkatkan di semua elemen terkait dengan informasi iklim, maritim maupun udara kepada instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ujar Darmawan.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas IV Ranomeeto BMKG Aris Yunatas, SP mengatakan, bahwa perjanjian kerjasama bertujuan untuk meningkatkan sinergisitas semua pihak dalam penyebarluasan dan pemanfaatan informasi iklim dalam rangka mendukung produktivitas hasil pertanian masyarakat petani di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Kerjasama yang dilakukan meliputi Penyediaan, penyebarluasan, dan pemanfaatan informasi iklim, Pertukaran data curah hujan di wilayah Sulawesi Tenggara dan Pemberian pemahaman mengenai informasi iklim,” sambung Aris.

Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama kegiatan dilanjutkan dengan Sekolah Lapang Iklim (SLI) tentang sosialisasi Agroklimat.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://sultra.litbang.pertanian.go.id/index.php/en/berita/878-balitbangtan-bptp-sultra-jalin-kerja-sama-dengan-bmkg