2019-11-15

Generasi Milenial Religius Belajar Inovasi Teknologi Pertanian

BPTP SULAWESI TENGGARA
...

Kendari - Balitbangtan BPTP Sultra menerima kunjungan 238 siswa, 17 guru pendampingan serta orang tua siswa Madrasah Ibtidayyah (MI) Pesantren Ummushabri Kendari. Kegiatan kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KsPP) yang didampingi Koordinator Pelayanan Pengkajian Balitbangtan BPTP Sultra. (Kamis,14/09/2019)

Kepala Seksi KsPP Balitbangtan BPTP Sultra Dr. Abdul Wahab, SP., MP. menyampaikan ucapan selamat datang kepada Siswa MI Pesantren Ummushabri Kendari yang ingin belajar tentang inovasi teknologi pertanian di Balitbangtan BPTP Sultra.

“Balitbangtan BPTP Sultra mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan penelitian, pengkajian dan diseminasi di bidang pertanian. Selain itu, bisa menjadi salah satu destinasi wisata ilmiah di bidang pertanian yang disiapkan untuk dikunjungi oleh masyarakat,” lanjut Abdul Wahab.

Sementara itu, Koordinator Pelayanan Pengkajian Ir. Yusuf, M.Si menambahkan bahwa terdapat beberapa sarana pembelajaran yang dapat dikunjungi diantaranya Kebun Bibit Inti (KBI), kebun koleksi Sumber Daya Genetik (SDG), Taman Agroinovasi dan Obor Pangan Lestari (Opal), yaitu pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan berbagai jenis tanaman sayuran,” ungkap Muh. Yusuf.

Wakil Kepala MI Pesantren Ummushabri Ahmad Ardiawan, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang telah menerima kunjungan kami dalam rangka proses pembelajaran di luar kelas.

“Kunjungan ini sebagai proses pengenalan dan pembelajaran inovasi teknologi pertanian. Beberapa pembelajaran yang diterima antara lain pengolahan lahan, pemanfaatan lahan pekarangan dengan hidroponik dan mengenal beberapa budidaya tanaman sayuran", ungkap Ahmad.

Perwakilan siswa MI Ummushabri merasa senang dapat berkunjung di Balitbangtan BPTP Sultra. Banyak ilmu dan pelajaran yang diperoleh dalam kegiatan kunjungan ini terutama pembelajaran tentang budidaya tanaman sayuran. Harapannya kami dapat berkunjung kembali ke Balitbangtan BPTP Sultra.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : KRPL
http://sultra.litbang.pertanian.go.id/index.php/en/berita/902-generasi-milenial-religius-belajar-inovasi-teknologi-pertanian