2019-12-06

Petani Kecamatan Palangga Antusias Mengikuti Sosialisasi Dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Teknologi Pemberdayaan Kebun Percobaan

BPTP SULAWESI TENGGARA
...

Onembute – Balitbangtan BPTP Sultra melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek), Teknologi Pemberdayaan Kebun Percobaan (KP) Onembute. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra diwakili Kepala Seksi KSPP, Kepala Peternakan Kecamatan Palangga, Kepala BPP Palangga, Koordinator Penyuluh, Koordinator Fungsional, Peneliti, dan Penyuluh lingkup BPTP Sultra. Rabu (04/12/2019)

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang petani yang berasal dari Desa Waworaha, Mekarsari, dan Anggodara Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan.

Dr. Abdul Wahab, SP., MP. Kepala Seksi KSPP dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh undangan dan peserta pada kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari diseminasi hasil teknologi pertanian yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan BPTP Sultra dalam pemberdayaan KP Onembute.

“Terdapat 3 kegiatan yang dilaksanakan dalam pemberdayaan KP Onembute diantaranya Teknologi Pemanfaatan Lahan Pekarangan (KRPL), Budidaya Jagung dan Budidaya Ternak Sapi Potong serta Hijauan Pakan Ternak,” kata Abdul Wahab.
Sementara itu Penanggung jawab kegiatan La Wangi, S.Pt, M.Pt menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan hasil teknologi pertanian dalam pemberdayaan KP Onembute.

“Kegiatan yang kami lakukan di KP Onembute dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Konawe Selatan untuk mencontohi dan menerapkan teknologi yang telah dilakukan,” ujar La Wangi.

Sebelum penerimaan materi peserta melakukan kunjungan pada Display Teknologi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Display Perkandangan Sapi serta Lahan Hijauan Pakan Ternak.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Balitbangtan BPTP Sultra diantaranya Ir. H. Muhammad Rusman, MP. menyampaikan materi teknologi perkandangan dan hijauan pakan ternak, Ir. Hj. Syamsiar, MP. menyampaikan materi PTT jagung dan Tamrin Kunta, SP., M.Si. menyampaikan materi pemanfaatan lahan pekarangan atau KRPL.

Salah satu peserta bimbingan teknis merasa senang dengan adanya kegiatan ini, dan mengatakan bahwa "dimana kami selain mendapatkan materi juga melihat langsung kegiatan yang telah dilaksanakan di lapangan. Ini dapat memotivasi kami untuk memanfaatkan teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan BPTP Sultra".

Sub Sektor : Sapi
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan : HIJAUAN PAKAN TERNAK DAN BUDIDAYA SAPI POTONG
http://sultra.litbang.pertanian.go.id/index.php/en/berita/906-petani-kecamatan-palangga-antusias-mengikuti-sosialisasi-dan-bimbingan-teknis-bimtek-teknologi-pemberdayaan-kebun-percobaan