2018-07-30

Benih VUB Tebu AMS, ASA, dan CMG Siap Dikembangkan di Sultra

BPTP SULAWESI TENGGARA
...

Onembute. Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian,  terus berupaya mempercepat diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan komoditas perkebunan khususnya tanaman tebu varietas unggul baru.

Dr. Rustam Massinai, disela-sela kunjungan dan monitoring  kegiatan Perbenihan Tebu di KP Onembute menyampaikan bahwa, sejak tahun 2017 Puslitbang Perkebunan Bogor kerjasama dengan BPTP Balitbangtan Sultra  telah melakukan uji adaptasi VUB tebu (AAS, AMS, ASA, dan CMG) Agribun seluas 1 ha. (Kamis, 26/07/2018)

“Tahun 2018 ini sudah berkembang menjadi 6 ha yang diujicobakan di Kebun Percobaan  Onembute BPTP Sultra yang terletak  di Kab.  Konawe Selatan. Insya Allah KP Onembute nantinya akan menjadi pusat sumber perbenihan unggul tebu di Sulawesi Tenggara” Kata Rustam.

Imran, SP, MP, Kepala KP Onembute, menyambut baik Kerjasama uji adaptasi VUB tebu ini. “Kami dan tenaga teknis siap bekerja keras untuk menyukseskan perbenihan tebu di Sultra, sekaligus bisa belajar cara pemproduksi benih tebu, agar bisa mandiri nantinya. Saat ini tanaman tebu di KP Onembute sudah berumur 3 bulan, dan nantinya bisa kembangkan lagi penanamannya.

Sub Sektor : Tebu
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan : VARIETAS UNGGUL BARU
http://sultra.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=710:benih-vub-tebu-ams-asa-dan-cmg-siap-dikembangkan-di-sultra&catid=13:info-aktual&Itemid=26