2018-11-22

BPTP Sultra Olah Ampas Sagu Jadi Pupuk Kompos

BPTP SULAWESI TENGGARA
...

KONSEL, kabarbuton.com - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbang Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan Bioindustri Sagu yakni mengolah ampas sagu menjadi Pupuk Kompos. Pabrik pengolahan pupuk kompos itu diresmikan langsung Staf Ahli Bupati Konawe Selatan (Konsel) Drs Muhammad Hisrah di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Moramo Utara Kamis 22 November 2018.

 

Penanggung Jawab kegiatan Bioindustri Sagu Zainal Abidin menyampaikan pemanfaatan ampas sagu menjadi kompos itu merupakan bagian dari upaya peningkatan nilai tambah sebagai upaya pengembangan konsep Zero Waste dalam pembangunan pertanian.

 

"Itu merupakan bagian dari salah satu inti gagasan bioindustri untuk pengembangan pertanian," tuturnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mekar Jaya menuturkan, pengolahan ampas sagu menjadi kompos itu sangat berpotensi, mengingat di wilayah Moramo Utara terdapat sumber bahan baku berupa ampas sagu yang melimpah.

 

Ia menyebutkan, pendirian pabrik pengolahan kompos ampas sagu bebentuk granular itu merupakan usaha untuk menggerak dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar jaya.

 

Staf Ahli Bupati Konsel Drs Muhammad Hisrah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Konsel sangat berterimakasih kepada BPTP Balitbang Sultra yang telah bekerjasama membina petani dalam pemanfaatan ampas sagu yang selama ini masih terbuang.

Sub Sektor : Sagu
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan : TEKNOLOGI PENGOMPOSAN
http://kabarbuton.com/berita/bptp-sultra-olah-ampas-sagu-jadi-pupuk-kompos